Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Tips Meringankan Cidera Engkel Saat Futsal atau Sepakbola


Cidera engkel atau biasa disebut engkel keseleo memang sering menghantui para pecinta futsal dan sepakbola, jika di pertandingan-pertandingan besar biasanya sudah ada tim medis yang mengurusi masalah cidera engkel ini, nah bagaimana jika cidera engkel dialami oleh anda yang hanya bermain futsal atau serpakbola untuk hobi saja, tentunya anda tidak mau repot-repot membawa tim medis sendiri bukan? berikut ini penjelasan dan beberapa tips untuk meringankan cidera engkel.
cidera engkel
jenis-jenis cidera engkel


Secara umum cedera engkel terjadi jika otot atau tenden kita terlalu meregang. Ada dua jenis cedera engkel, strain ankle dan sprain ankle injury. sebagian besar cidera engkel merupakan cidera sprain ankle dimana otot terlalu meregang dari posisi normal dan setengah dari jumlah penderita sprain ankle biasanya bisa kambuh lagi. Selain itu kebanyakan cidera engkel adalah inversion injury atau kaki tertekuk ke arah dalam, juga eversion injury dimana kaki tertekuk ke arah luar.
Berikut ini beberapa tips meringankan cidera engkel saat futsal atau sepakbola:
1. Istirahat
segera istirahatkan kaki setelah cidera, bila perlu gunakan penahan dan hindari kaki dari menahan beban badan dengan menjejakkan kaki di tanah.
2. Kompres dengan Es
 kompres es cidera engkel
kompres es pada cidera engkel
Kompres Es digunakan untuk meringankan bengkak yang terjadi akibat cidera engkel, lanjutkan mengkompre setiap 20 menit jika bengkak masih ada.
3. Dibebat
bebat cidera engkel
bebat saat cidera engkel
Engkel yang cidera dapat juga diringankan dengan membebat kaki dengan bebat dari bahan elastis dengan rapat tapi tidak erat. Jika bebat terlalu erat karena bengkak maka harus di renggangkan secepatnya.
4. Ubah posisi kaki
Untuk mengurangi bengkak dan memar, ubah posisi kaki lebih tinggi dari jantung agar bengkaknya berkurang, jika bengkak belum juga reda lakukan hal ini lagi saat istirahat dirumah.
Jika cidera engkel ini dalam waktu 2-3 hari kondisinya belum membaik atau justru tambah parah sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ortopedi.

0 komentar:

Posting Komentar